Buat Sandi – Sandi Tak Lagi Membosankan, Panitia Jambore Kemas Night Games Berkonsep “Find Treasure”

Malam kedua Jambore Cabang Lumajang 2023 diisi dengan wide game yang diikuti seluruh peserta kegiatan. Permainan besar ini kemudian diberikan nama “Find Treasure.”

Sandi – sandi adalah salah satu bentuk materi yang diajarkan kepada peserta didik sejak di usia siaga. Namun kerapkali aplikasi materi ini hanya sebatas mengartikan dan menjawab soal. Jambore Cabang Lumajang mencoba menjawab tantangan ini dengan memasukkan konsep sandi dengan permainan malam.

Permaianan ini berjalan dengan instruksi berupa sandi yang harus diterjemahkan dan dipahami peserta untuk dalam menyelesaikan misi. Kak Mol, selaku pemandu acara ini, menyiapkan harta karun yang harus direbutkan peserta dengan memecahkan teka – teki yang dibuatnya.

Permainan diawali dengan video semaphore. Kemudian juga ada sandi kotak dan rumput dari yang dibuat dari cahaya neon, dan morse dari senter yang berisikan kunci jawaban akhir.

Pesan pada sandi tersebut mengandung pesan yang akan membawa peserta pada titik harta karun yang dikubur dibawah batu. Kotak harta karun tersebut juga dilengkapi dengan gembok yang harus dipecahkan dengan metode sandi angka.

Menjadi lengkap permainan ini dipenuhi rasa keseruan dan ketegangan, ditengah angin malam dan suhu yang dingin, peserta tetap fokus dan cermat memecahkan sandi – sandi dan berlomba untuk penjadi regu penemu harta karun Jambore.