SERING LAPAR DAN HAUS SAAT BERPUASA? LAKUKAN 7 HAL BERIKUT

foto: ilmubatin.com

 

Tak terasa bulan Ramadhan menjumpai kita kembali. Banyak persiapan yang harus dilakukan sedari sekarang. Salah satunya, menahan rasa lapar dan haus dibulan puasa. Bagi kebanyakan orang, menahan lapar merupakan hal yang sulit dilakukan. Bagaimana tidak, biasanya kamu makan 3 kali sehari atau lebih sekarang hanya diwaktu berbuka dan sahur saja. Belum lagi kebutuhan cairan dalam tubuh yang harus dipenuhi. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi berikut adalah tips menahan lapar dan haus dibulan ramadhan yang bisa kamu coba.

1. Pilih menu sahur yang tepat

Pilihlah menu yang padat gizi dan tidak terlalu cepat dicerna oleh pencernaan. Menu karbohidrat kompleks adalah salah satu yang direkomendasikan untuk sahur. Sedangkan makanan yang disarankan untuk dihindari ketika sahur adalah seperti mie instan dan juga bubur ayam karena biasanya hanya memberikan sensasi kenyang sementara. Makanan seperti mie instan dan bubur ayam akan membuat Anda lebih cepat lapar di siang hari. Sedangkan jenis makanan seperti oatmeal dan ubi jalar dapat menjadi pilihan karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi saat sahur.

2. Cukupkan kebutuhan cairan

Cara memenuhi kebutuhan cairan dapat dilakukan dengan cara konsumsi 2 gelas air putih saat sahur, 2 gelas air saat berbuka, dan 4 gelas di malam hari. Aturan ini dibuat berdasarkan dengan asupan air putih yang idealnya adalah 8 gelas per hari. Meskipun begitu, kebutuhan cairan setiap orang pada dasarnya berbeda-beda, sehingga aturan tersebut dapat dijadikan aturan minimal dan Anda dapat mengonsumsi lebih dari jumlah tersebut jika memang kebutuhan cairan harian Anda  biasanya melebihi jumlah tersebut.

3. Konsumsi madu dan kurma

Madu dan kurma menjadi makanan manis yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama bulan puasa. Konsumsi keduanya dipercaya dapat memberikan energi tambahan untuk Anda. Selain itu, madu sendiri juga dipercaya dapat membantu gula darah tetap stabil saat puasa dan tentunya juga dapat menjaga sistem imun tubuh.

4. Tak tergesa – gesa saat makan

Saat makan, perlu 20 menit untuk hormon menyampaikan pesan ke otak bahwa kita sudah merasa tidak lapar alias kenyang. Agar rasa lapar tidak cepat datang, minumlah sedikit air di tengah-tengah makan.

5. Tidur cukup dan berkualitas

Hindari tidur terlalu malam ketika berpuasa karena Anda diharuskan bangun lebih pagi untuk menjalani sahur. Anda juga bisa memanfaatkan jam makan siang untuk tidur siang beberapa saat. Jangan mengambil jam tidur siang terlalu panjang karena dapat menyebabkan kepala terasa pusing. Ketika kurang tidur, tubuh menjadi lebih lemas dan rasa lapar dapat lebih terasa. Tidur yang cukup juga membantu Anda untuk tetap dapat produktif selama berpuasa.

6. Produktif dan fokus

Puasa tidak menghalangi seseorang untuk tetap produktif. Produktif seharian dapat menjadi cara menahan lapar saat puasa. Namun ingat, jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat yang mungkin dapat membuat Anda terlalu lemas dan kelelahan. Jika memiliki waktu kosong, tidak ada salahnya untuk mengisi waktu dengan hobi yang Anda miliki. Mengisi waktu kosong dan fokus dengan kegiatan yang dilakukan dapat membantu Anda terdistraksi dari rasa lapar.

7. Luruskan kembali niatmu

Ketika mengingat niat awal Anda berpuasa, maka Anda dapat menjalani puasa dengan lebih iklas dan juga tanpa beban. Hal ini membuat rasa lapar dan haus yang mungkin dialami menjadi lebih tidak terasa. Merasakan lapar selama menjalani puasa adalah hal yang wajar. 

Itulah beberapa tips menahan lapar dan haus dibulan Ramadhan. Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Humas/Anzila

Daftar pustaka:

Isni Rahayu, M. (2019). 8 Cara Menahan Lapar Saat Puasa Selama Ramadhan. Diakses pada 13 April 2021                                    dari https://doktersehat.com/cara-menahan-lapar-saat-puasa/

Oktaviani Alam, S. (2020). 4 Cara Atasi Rasa Haus dan Lapar Saat Berpuasa. Diakses pada 13 April 2021                                      dari https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5003044/4-cara-atasi-rasa-haus-dan-lapar-saat-berpuasa