KABUPATEN LUMAJANG IKUTI KEGIATAN UPACARA PERINGATAN HUT KE-59 PRAMUKA TINGKAT NASIONAL SECARA VIRTUAL

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati yang juga merupakan Ketua Kwarcab Kabupaten Lumajang mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-59 Pramuka Tingkat Nasional tahun 2020 yang digelar melalui virtual, Rabu (12/8/2020).

Upacara yang diikuti oleh seluruh Kwarda Gerakan Pramuka se-Indonesia tersebut dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo selaku Pembina upacara dari Istana Negara Jakarta. Bertemakan "Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara".

Dalam amanatnya, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan, Pramuka Indonesia sejak bernama pandu selalu dapat mencetak generasi yang tangguh, seperti halnya tangguh menghadapi setiap tantangan, disiplin dalam bertindak, tidak gentar menghadapi setiap rintangan, selalu peduli, siap berkorban untuk sesama dan di era pandemi Covid-19 yang berat seperti saat ini jiwa dan karakter seperti itulah yang dibutuhkan.

"Disiplin dalam hal mengikuti protokol kesehatan, memakai masker, jaga jarak dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama disiplin melaksanakannya. Jika gerakan kedisiplinan dan kepedulian itu terus dijalankan saya yakin Indonesia dapat menghambat penyebaran Covid-19 dan mengurangi risiko ikutannya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Pandemi Covid-19 menyebabkan krisis kesehatan dan krisis ekonomi maka harus peduli terhadap masyarakat sekitar, peduli terhadap kepentingan bersama, harus saling membantu dan bergotong royong menyelesaikan masalah bersama.

Selain itu, Presiden RI Joko Widodo mengajak anggota pramuka untuk membuat dua gerakan nasional, yakni gerakan kedisiplinan nasional untuk mendorong masyarakat disiplin protokol kesehatan, serta gerakan kepedulian nasional sebagai upaya mengajak masyarakat untuk peduli di era pandemi Covid-19.

Kedua gerakan kepedulian nasional mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling peduli dan saling berbagi. Menurutnya, dua gerakan tersebut nantinya akan semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan anggota Pramuka dalam memperdalam jiwa Pramuka sejati, sebagaimana tertuang dalam Dwi Darma, Tri Satya, dan Dasa Dharma Pramuka.

Selanjutnya, Presiden RI juga berkeinginan agar para anggota pramuka mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Dua ilmu tersebut sangat penting mengingat tantangan dunia kedepan semakin berat dan komplek, karena dunia saat ini berubah dengan cepat dan penuh ketidakpastian.

“Masa depan akan jauh lebih berbeda jika dibandingkan dengan hari ini. Ketangguhan saudara-saudara juga harus dibuktikan dalam mengejar ilmu pengetahuan. Jadilah generasi masa depan yang mencerahkan, yang terus membangun harapan tentang kejayaan Indonesia, Indonesia maju yang kita cita-citakan Bersama," pesan Presiden RI Joko Widodo. (Kominfo-lmj/Ad)