KWARCAB LUMAJANG IKUTI PENGANUGERAHAN TANDA PENGHARGAAN GERAKAN PRAMUKA SECARA VIRTUAL

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Lumajang, Indah Amperawati mengikuti kegiatan Penganugerahan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka pada Upacara Hari Pramuka ke-59 tahun 2020 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur yang digelar melalui virtual, Rabu (12/8/2020).

Pada kesempatan tersebut, Ketua Kwarcab Kabupaten Lumajang, Indah Amperawati menyampaikan, anggota gerakan Pramuka Lumajang telah membantu Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam rangka melakukan sosialisasi terkait penerapan protokol kesehatan Covid-19 secara aktif.

Ia menambahkan, Kwarcab dan Kwaran serta seluruh anggota Pramuka Kabupaten Lumajang juga telah melaksanakan pembagian masker dan handsanitaser di tempat-tempat publik di seluruh Kabupaten Lumajang, kemudian membagikan paket sembako, serta melakukan penyemprotan desinfektan di lembaga-lembaga sekolah, pondok pesantren, masjid dan tempat ibadah lainnya.

"Nanti pada tanggal 14 Agustus 2020, kami serentak melaksanakan pembagian masker dan face shield kebeberapa tempat publik di Kabupaten Lumajang," ungkapnya.

Selain itu, Indah Amperawati juga menjelaskan terkait rencana pembangunan Bumi Perkemahan diatas lahan seluas 10,4 hektar. Lahan tersebut merupakan lahan Perhutani yang beberapa waktu lalu perjanjian kerjasamanya sudah diselesaikan antara Perhutani dengan Kwarcab.

"Bumi Perkemahan tersebut diperuntukan untuk perkemahan putra dan putri, area outbond, taman edukasi, minizoo, serta lahan peternakan sapi dan kambing perah. Harapannya nanti seluruh anggota gerakan Pramuka siswa-siswi sekolah dapat melakukan pembelajaran di Bumi Perkemahan," harapnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Pembimbing Daerah Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berharap cara menggerakkan etos kerja seluruh gerakan Pramuka di Kabupaten Lumajang menjadi inspirasi seluruh gerakan Pramuka di daerah-daerah lain, sehingga dapat menjadikan gerakan Pramuka yang produktif.

"Terimakasih ketua kwarcab Pramuka Lumajang, Sukses untuk gerakan Pramuka Lumajang. Selamat hari ulang tahun yang ke-59 gerakan Pramuka," ujarnya.

Adapun penghargaan Gerakan Pramuka pada Upacara Hari Pramuka ke-59 tahun 2020 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Lencana Darma Bakti diberikan kepada Muchamad Taufiq (Wakil Ketua Kwarcab Lumajang) dan Lencana Teladan diberikan kepada Diah Ajeng Pitaloka (Penggalang Garuda Lumajang). (Kominfo-lmj/Ad)