Giat Petualangan: Jambore Lumajang 2023 Ajak Peserta Menjelajah Alam di Sekitar Bumi Glagaharum

Serasa tidak lengkap jika kegiatan kepramukaan tidak diisi dengan petualangan dan penjelajahan. Jambore Cabang Lumajang 2023 mengajak peserta giat rotasi mengelilingi alam sekitar Bumi Glagaharum dengan konsep penjelajahan peta pita.

Melakukan penjelajahan sederhana bersama rekan satu regu, peserta dibuat melewati jalur setapak dengan berbekal kompas dan mengikuti tanda berupa titik bidik.

Meski rute perjalanan relatif dekat, namun peserta harus melewati tanjakan dan berjalan di samping tebing jurang. Dibutuhkan fisik yang kuat, dan kewaspadaan untuk dapat menuntaskan rute petualangan ini.

Panitia, secara khusus bidang giat petualangan dan manajemen risiko telah menyiapkan rute yang safety dan memberikan tanda police line di jalur – jalur berbahaya sehingga peserta tetap berada pada rute yang benar. Begitupun terkait dengan Kesehatan, sejumlah anggota keamanan dan kesehatan berjaga di check point untuk ditugaskan ketika ada peserta yang butuh dievakuasi.

Buah hasil dari giat petualangan ini adalah peserta melakukan sketsa peta pita dari jalur yang telah dilewati sebelumnya. Ini merupakan salah satu bentuk praktik keterampilan navigasi, juru peta, dan juru pengamat.