Jambore Lumajang 2023 Berikan Wawasan Beternak Kepada Peserta, Dari Merawat Hingga Mengolah Susu Sapi

Desa Kandang Tepus, Senduro merupakan salah satu daerah penghasil susu sapi perah unggulan di Kabupaten Lumajang. Melihat potensi tersebut, Jambore Cabang Lumajang 2023 menggelar kegiatan keterampilan beternak.

Bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian sejumlah tenaga ahli dokter hewan diperbantukan dalam mengisi materi peternakan.

Peserta dibekali materi pengenalan profesi dokter hewan, pengenalan dan manajemen sapi perah, pakan ternak, kesehatan ternak, hingga SOP penanganan dokter hewan terhadap sapi perah.

Sebagian peserta juga diberikan kesempatan untuk praktik memerah susu sapi di sore hari dengan didampingi pemilik ternak. “Tidak semua peserta bisa merasakan praktik perah sapi, karena proses pemerahan ada pada jam tertentu, mood sapi juga tidak menentu, sehingga harus didampingin sang pemilik,” ujar Kak Jihan selaku fasilitator dari panitia.

Tidak selesai pada materi dan survey ke kendang ternak, pulang dari rumah warga, para peserta kegiatan dibekali susu sapi segar untuk diolah menjadi produk permen. Sampai di tapak kemah masing – masing peserta memasak permen sebagai hasil karya dari giat keterampilan Jambore.