WELCOME PARTY: MALAM PERTAMA PENYAMBUTAN PESERTA JAMBORE CABANG LUMAJANG 2023

Jumat malam (11/08/2023) seluruh peserta Jambore Cabang Lumajang 2023 berkumpul di lapangan utama Bumi Glagaharum dalam kegiatan welcome party. Giat malam pembuka ini diisi dengan penampilan kesenian sebagai bentuk kreativitas dari para peserta kontingen Jambore.

Tiga Kwartir Ranting turut menyumbang sebagai penampil di malam penyambutan ini. Tari Bara dari Kwarran Lumajang, Tari Barak Iling dari Kwarran Pasirian dan Tari Bedhaya dari Kwarran Candipuro.

Selain diisi dengan rangkaian pertunjukkan salah satu menu utama dari kegiatan ini adalah penyampaian kontrak kegiatan yang dipandu oleh Bupati Perkemahan Arya Wiraraja, Kak Syaiful Rizal Zarkasih.

Kontrak kegiatan adalah ikatan yang dibuat oleh Panitia selaku pelaksana dan peserta guna menciptakan kehidupan perkemahan yang tertib, aman, dan terjaga. Berisikan kewajiban, hak, larangan, dan sanksi yang akan diberlakukan.

Sebagai Pramuka kita harus mampu menjaga alam di sekitar kita, sebagaimana dasa dharma kedua, “cinta alam dan kasih sayang sesama manusia,” hal tersebut ditekankan Bupati Perkemahan kaitannya dengan upaya menciptakan kegiatan yang bersih dari sampah, juga dalam rangka menjaga kelestarian hayati di Bumi Glagaharum.

Mengacu pada metode kepramukaan satuan terpisah, kontrak kegiatan ini juga memuat larangan peserta untuk berkunjung ke perkemahan lawan jenis. Panitia juga menetapkan sanksi kepada peserta yang tidak dapat melaksanakan kontrak kegiatan disesuaikan dengan jenis pelanggaran yang dilakukan. Ini merupakan langkah kecil untuk menumbuhkan jiwa kemandirian peserta.

Ditengah dinginnya angin malam di Glagaharum, peserta tetap dengan semangat mengikuti rangkaian kegiatan welcome party hingga selesai. Setelah seluruh kegiatan pada hari pertama selesai dilakukan giat evaluasi antara panitia aparat perkemahan dengan pembina pendamping.