Jambore Cabang Lumajang 2023: Ajang Pertemuan 5 Tahunan Pramuka Penggalang Kabupaten Lumajang Resmi Dibuka

Kak Agus Triono, Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang sekaligus Sekretaris Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lumajang pada Jumat (11/08/2023) membuka secara resmi kegiatan Jambore Cabang Lumajang tahun 2023 di Bumi Perkemahan Glagaharum, Senduro, Lumajang.

“Jambore ini akan menjadi acuan kegiatan perkemahan serupa untuk pramuka, instansi lain, bahkan masyarakat umum di kabupaten lumajang dan sekitarnya,” ujar Kak Agus pada sambutannya dalam upacara pembukaan.

Mengusung Tema “Next Level” dan slogan “Berkarya Untuk Mandiri” diharapkan Pramuka Penggalang di Kwarcab Lumajang memiliki pribadi yang lebih mandiri, memiliki kecakapan yang menghasilkan karya dengan kemasan kegiatan yang Edukatif, Rekreatif, Produktif Dan Inovatif

Jambore Cabang Lumajang tahun 2023 diikuti oleh 146 regu atau sebanyak 1.168 anggota pramuka penggalang, 146 orang pembina pendamping, dan 21 orang pimpinan kontingen dengan totial unsur kontingen sebanyak 1.335 orang.

Event perkemahan pramuka penggalang ini dikelola oleh 120 orang panitia yang berasal dari unsur Andalan Cabang Lumajang, Dewan Kerja Cabang Lumajang, Unsur Pusdiklatcab, Unsur Pramuka Penegak dan Pandega, Unsur Pengelola Bumi Perkemahan, Unsur Pramuka Peduli dan Para Praktisi.

Pembina upacara menyampaikan lima pesan kepada peserta jambore

1. ikuti semua aturan yang telah ditetapkan oleh panitia dan pengelola bumi perkemahan glagaharum;

2. Manfaatkan perkemahan dan kegiatan ini sebagai media  saling mengenal dengan pramuka dari kecamatan lain, meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan skill diri melalui kegiatan yang ada, yang nantinya akan berguna bagi kehidupan kalian;

3. Tetap berpegang teguh pada tri satya dan dasa dharma dalam kehidupan perkemahan, bersikap baik dan saling tolong-menolong kepada siapapun;

4. Sampaikan pesan dan kesan, bagikan momen terbaik di kegiatan ini melalui media sosial masing – masing dengan bijak;

5. Jadilah duta perubahan perilaku sehingga diharapkan bisa menjadi contoh mengubah perilaku masyarakat untuk hidup lebih sehat, disiplin dan bermanfaat untuk masyarakat.

Kak Puguh Budi Laswono, S.T., M.T., selaku ketua panitia kegiatan Jambore Cabang Lumajang mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut andil dalam menyiapkan kegiatan ini, baik itu sponsorship yang mendukung pendanaan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terlibat.