BERSIAPLAH, KWARCAB LUMAJANG PASTIKAN JAMBORE CABANG 2023 AKAN BERLANGSUNG SERU, MERIAH, DAN MENGGEMBIRAKAN !

Setelah lima tahun, pertemuan pramuka penggalang terbesar (Jambore) se-Kabupaten Lumajang akan kembali digelar. Berlokasi di Bumi Perkemahan Glagaharum yang akan dilaksanakan pada Jumat sampai dengan Senin (11 – 14) Agustus 2023. Sebanyak 1176 orang peserta dengan rincian 67 regu putra dan 79 regu putri yang berasal dari anggota pramuka penggalang SD dan SMP se-Kabupaten Lumajang turut serta memeriahkan kegiatan tersebut.

Mengangkat tema “The Next Level Jambore” dan slogan “Berkarya untuk Mandiri,” Jambore Cabang Lumajang kali ini akan menyajikan sejumlah kegiatan yang bersifat edukatif, rekreatif, produktif, inovatif, dan menantang. Menerapkan metode Learning by Doing yang melibatkan peserta tidak hanya belajar dan bersenang-senang, melainkan mereka juga ikut andil dalam bersosialisasi dengan masyarakat bahkan kewirausahaan.

Unik, Jambore kali ini akan mengacu pada Syarat Kecakapan Khusus (SKK) tingkat Penggalang. Sejumlah kegiatan dikemas berdasarkan poin – poin yang ada pada SKK, sehingga nilai pembelajaran akan mengacu pada kecakapan anggota pramuka penggalang. Selaras dengan tema, kegiatan Jambore akan menempa peserta untuk dapat menjadi satu level lebih tinggi dari anggota pramuka pada umumnya.

Kali ini, Peserta Jambore Cabang Lumajang Tahun 2023 diibaratkan penduduk dalam satu Kabupaten. Dikelola oleh seorang Bupati Perkemahan dan dibantu oleh dua orang Camat, diantaranya yaitu Kecamatan Semeru (Putra) dan Kecamatan Lemongan (Putri). Di mana setiap kecamatan terdiri dari masing-masing tiga Kelurahan yaitu Kelurahan Ranu Pani, Ranu Regulo, dan Ranu Kumbolo untuk Kecamatan Semeru (Putra). Sedangkan untuk Kecamatan Lemongan (Putri) terdiri dari Kelurahan Ranu Pakis, Ranu Klakah, dan Ranu Bedali.

Kegiatan Jambore terbagi menjadi tiga menu yang kemudian akan terbagi dalam beberapa kegiatan. Terdapat kegiatan umum, rotasi, dan mandiri. Kegiatan umum meliputi Welcome Party, Malam Arya Wiraraja, Giat Bakti, Parade Yel, Apel Hari Pramuka. Kegiatan Rotasi diantaranya yaitu Petualangan, Workshop Keterampilan, dan Outbond. Sedangkan Kegiatan Mandiri meliputi Kegiatan Keagamaan, Kegiatan Camp Service, Story of Jamboree, Vlog Challenge, Photo Contest, serta Apel Pagi dan Sore.

Kegiatan umum (Giat Umum) merupakan kegiatan yang diikuti oleh seluruh peserta dan bersifat wajib. Upacara pembukaan dan welcome party di hari pertama pada 11 Agustus 2023. Tidak lupa gebyar parade yel turut memeriahkan. Malam kedua, peserta akan mengikuti wide games dan ditutup dengan Malam Arya Wiraraja pada 13 Agustus 2023

Sebagaimana slogan dari Jambore Cabang Lumajang 2023, “Berkarya Untuk Mandiri,” Giat Mandiri dikonsep untuk mengarahkan peserta supaya dapat secara terampil berkegiatan di kehidupan perkemahan. Hal tersebut dimaksudkan supaya peserta dapat memanajemen diri sendiri sebelum beranjak ke level selanjutnya yaitu memanajemen orang lain.

Untuk meningkatkan keterampilan peserta, Jambore menyajikan Giat Keterampilan yang secara khusus akan ditujukan untuk mendalami kecakapan beternak. Peserta akan dibawa untuk praktik memelihara hingga mengelola hasil ternak milik warga. Hal ini merupakan upaya yang dilakukan untuk mengenalkan potensi ekonomi dan wisata masyarakat sekitar Glagaharum yang didominasi sebagai peternak.

Sebagaimana dalam metode kepramukaan, kegiatan pramuka haruslah bersifat menarik dan menantang dan dilakukan di alam terbuka. Hal tersebut menjadi dasar dalam menu kegiatan petualangan pada Jamcab ini. Peserta akan dibawa menjelajahi alam di sekitar Bumi Glagaharum secara beregu. Memecahkan tanda – tanda alam, menyusuri jalanan setapak, dan mempraktekkan ilmu navigasi, peserta akan mendalami kecakapan isyarat bendera, pengamat, juru peta, semboyan isyarat, dan juru penerang.

Selain rangkaian kegiatan yang bersifat edukatif, Jamcab 2023 juga menyajikan kegiatan yang bersifat rekreatif namun tetap memiliki nilai belajar bagi peserta. Untuk melatih kekompakan tim, dan keterampilan diri, peserta diajak memainkan 8 pos permaian outbond.

Seakan tidak lengkap jika kegiatan kepramukaan tidak dihubungkan dengan aksi sosial dan lingkungan. Dalam Jambore ini, peserta secara bersama – sama akan membuat 150 biopori yang diletakkan di lingkungan rumah masyarakat. Hal tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan daya resap air pada tanah untuk mencegah banjir. Selain itu aksi sosial lainnya diwujudkan dengan pembagian sembako dari peserta Jambore kepada masyarakat di sekitar Bumi Glagaharum.

Dengan banyaknya ragam kegiatan dalam Jambore Cabang Lumajang Tahun 2023 ini, diharapkan peserta dapat mencapai tujuan akhir yakni mendapatkan rekomendasi Tanda Kecakapan Khusus (TKK) dalam berbagai kecakapan yang dipraktikkan oleh peserta. Oleh karena itu, kegiatan ini akan menjadi batu loncatan para anggota Pramuka Penggalang khususnya di Kabupaten Lumajang untuk menjadi pramuka yang tanggap, unggul, dan handal.

Bersiaplah pramuka penggalang Kabupaten Lumajang ! Akan banyak kejutan yang kalian temukan di Jambore ini ! Sampai jumpa di Jambore Cabang Lumajang 2023 !

Are you ready to the next level or not.