THE NEXT LEVEL JAMBORE SECARA RESMI MENJADI THEMESONG PENYEMANGAT JAMCAB LUMAJANG TAHUN 2023

Jambore Cabang Lumajang yang digelar di Bumi Glagaharum, 11 – 14 Agustus 2023 akan segera digelar. Serasa tidak lengkap jika sebuah event perkemahan tidak dibalut dengan alunan musik yang menyelimuti semangat peserta. Resmi, pada hari ini Kamis (27/07/2023) Themesong berjudul “The Next Level Jambore” dilaunching oleh Bunda Indah di Kantor Bupati Lumajang bersamaan dengan pelepasan peserta 25th World Scout Jamboree South Korea dan Raimuna Nasional XII 2023.

“Lagu themesong Jambore ini penuh dengan kegembiraan, seperti layaknya anggota pramuka yang harus selalu riang dan gembira,” sahut Bunda Indah setelah sesi nonton bersama video klip themesong Jambore Cabang Lumajang 2023.

Membedah Musik

Lagu themesong Jambore di record melalui studio Lakuart Etno Psyche Home Recording, dengan pengarang Kak Mal Ardhi Abdillah/ Kak Mol. Berbekal dua vokalis yang ternyata adalah adik kakak, woman vocal diisi Kak Intan Wardah Kharisma, dan man vocal diisi oleh Kak Razif Mustofa Ahmad. Sedangkan untuk lirik ditulis oleh Kak Fernandito Eka Nur Samsi.

“Kami sempat membuat beberapa sample lagu untuk Jambore, karena produksi ini sebetulnya dimulai sejak bulan Maret 2023. Namun dari sekian konsep yang diajukan, konsep terakhir ini paling cocok mewakili semangat Jambore Cabang Lumajang 2023.” terang Kak Mol saat ditanya tim.

Jambore Cabang Lumajang kini telah merilis theme song yang berjudul “The Next Level Jambore” dengan jenis musik Big Band, dengan ciri khas pada bagian brass section dan wood section. Pada brass section terdaoat brass dan trompet, french horn, dan trombone, sedangkan bagian dari wood section terdapat flute dan clarinet.

Dengan tetap memegang nilai nasionalis dan kearifan lokal, themesong ini juga memasukan jenis alat musik tradisional indonesia seperti bonang (jawa), sape (kalimantan), saron dan gamelan (bali), serta tidak lupa juga memasukan alat khas musik dari daerah kita sendiri (Lumajang) yaitu ronang. Ronang sendiri merupakan salah satu alat dalam sajian musik serbung jatimulyo, dan terdapat alat tambahan lainnya seperti jimbe.

Dibuatnya lagu ini bertujuan untuk memberitahukan bahwa Jambore telah dimulai. Saatnya kita membagikan kreasi, ekspresi, dan bergembira bersama, serta keinginan kita untuk menjadi lebih berkarya agar bisa meraih prestasi yang lebih tinggi lagi. Dan ingin mengajak adik-adik pramuka penggalang di Lumajang untuk bisa lebih mandiri lagi, meningkatkan diri, dan berbakti kepada negeri kita, Indonesia.

Membedah Video

Sebuah musik akan lebih lengkap jika divisualisasikan melalui videockip. Bersamaan dengan launching themesong, videoclip lagu ini juga dirilis di YouTube Kwarcab Lumajang pada Kamis (14/07) pukul 12.00 WIB.

“Tidak hanya lagu, video juga dikerjakan oleh tim dari Pramuka. Yang mengerjakan, yang menjadi talent semuanya dari tim Pramuka Bunda. Kita shooting di Glagaharum sekaligus mengenalkan lokasi perkemahan Jambore ke calon peserta” tegas Kak Prio usai simak videoklip Jamcab Lumajang 2023.

Videoklip ini diproduseri oleh tim humas Jambore dan Kwarcab Lumajang. Disutradarai oleh Kak Javachandra dan dikemas secara sempurna oleh tim.
- Director : Javachandra
- Asisten Director : Iki Adfi Nur Mohamad
- DOP : Prastyo Gunawan
- Cameramen : Nur Illah Fajri
- Cameramen 2 : Rizky Fitra Kurniawan
- Director of Choreography : Aulia Salsabila
- Choreographer : Sakira Maya Putri & Nuril Lia Arini
- Main Talent : Amelia Dwi Utami & Nazilah Firda

“Videoklip Jambore ini serba 3 (tiga), dikerjakan dalam waktu 3 minggu sejak awal perencanaan, mengangkat 3 (tiga) scene utama yaitu aktivitas kepramukaan dan perkemahan, musik atau band, serta flashmob atau koregrafi. Selain itu kita juga main 3 kamera.” terang Kak Java dalam sebuah sesi diskusi.

Sebuah musik akan lebih lengkap jika divisualisasikan melalui videockip. Bersamaan dengan launching themesong, videoclip lagu ini juga dirilis di YouTube Kwarcab Lumajang pada Kamis (14/07) pukul 12.00 WIB.

The Next Level Jambore sebagai themesong akan memperkuat branding dari kegiatan Jambore Cabang Lumajang tahun 2023 setelah peluncuran logo, dan maskot. Setelah perilisan audio dan video themesong ini akan ada beberapa konten lain yang perlu diikuti dan sayang untuk dilewatkan.

Stay tune di media informasi Jambore Cabang Lumajang Tahun 2023