Anggota Pramuka Asal Lumajang akan Ikuti Jambore Internasional ke-25 di Korsel

Anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur Antanya Diyah Absari sukses lolos seleksi untuk mengikuti Jambore Internasional ke-25.

Jambore kali ini, diagendakan akan dilaksanakan di Sangemangeum, Korea Selatan mulai tanggal 2 hingga 12 Agustus 2023 mendatang.

"Perwakilan dari Lumajang yang bergabung dengan Tim Jambore Internasional, ini dari Gugus Depan SMAN 2 Lumajang, Antanya," ungkap Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Lumajang, Indah Amperawati (Bunda Indah) pada Pelepasan kontingen 25th World Scout Jamboree Korea dan Raimuna Nasional XII 2023, di Comand Centre Room Kantor Bupati, Kamis (21/7/2023).

Bunda Indah juga mengungkapkan, bahwa lolosnya Antanya, merupakan satu kebanggaan dan satu prestasi, bahwa anggota Pramuka Lumajang mampu lolos seleksi dalam Jambore Internasional.

"Ini sebuah impian bagi seluruh anggota Pramuka, bahwa pencapaian ini perlu sebuah prestasi dan sebuah hal-hal yang tidak mudah untuk dicapai," terang dia.

Bunda Indah berharap, dengan keikutsertaan anggota Pramuka Lumajang dalam Jambore Dunia, nantinya bisa memberikan pengalaman serta wawasan untuk mendorong peningkatan kapasitas.

Sementara itu, Antanya Diyah Absari mengatakan, bahwa dirinya mengaku bangga dan bersyukur bisa mengikuti Jambore Internasional.

"Awalnya saya nggak percaya, kek kok bisa gitu ya, ternyata emang kapabilitas yang saya miliki mungkin itu terpenuhi dari persyaratan-persyaratan, itu suatu kehormatan dan yang harus saya syukuri juga," katanya.

Selain itu, dirinya juga telah melalui sejumlah tahap seleksi, mulai pengetahuan kepramukaan, kemampuan Bahasa Inggris serta tahapan seleksi lainnya.

"Seleksinya sudah mulai 2 tahun lalu, itu seleksinya mulai tahap tentang pengetahuan kepramukaan, kemampuan Bahasa Inggris kemudian komitmen dan wawasan kebangsaan," pungkasnya.