“JAGA LUMAJANG DARI SAMPAH,” KAMPANYE TIM PRAMUKA PEDULI DALAM GELARAN KARNAVAL KABUPATEN LUMAJANG

Tim Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lumajang melakukan aksi bersih – bersih sampah di rute karnaval yang digelar pada Rabu (31/8/2022).

Kegiatan ini dikomando oleh Ketua Tim Pramuka Peduli Kwarcab Lumajang, Kak Syaiful Rizal Zarkasih, dan didukung oleh sejumlah anggota Tim Pramuka Peduli dari berbagai Kwartir Ranting diantaranya Kwartir Ranting Candipuro, Kunir, Tekung, Pasrujambe, Ranuyoso dan Sukodono.

Sejumlah 17 personil yang terdiri dari anggota Pramuka Penegak/ Pandega dan orang dewasa dibekali dengan sejumlah logistik melakukan mengepulan sampah dengan titik pusat Alun – Alun Kabupaten Lumajang.

“Hari ini kondisi lingkungan paska kegiatan karnaval sampah berserakan dan memenuhi tempat umum terutama Alun - Alun Kabupaten. Dengan adanya kondisi tersebut, anggota Pramuka Peduli melakukan gerakan bersih sampah yang berserakan di sekitar alun alun kabupaten Lumajang,” jelas Kak Rizal tentang aksi tersebut.

Aksi tersebut dimulai pada pukul 5 sore dan berakhir pukul 10 malam.

“Karnaval hari ini akan lebih cantik kalau kita bertanggungjawab dengan sampah yang kita bawa,” melalui akun Instagram @pramukalumajang_ diikuti oleh segenap anggota Tim Pramuka Peduli juga lakukan kampanye melalui unggahan poster di media massa yang mengajak masyarakat, baik itu peserta dan penonton karnaval untuk bertanggungjawab dengan sampah yang dibawa.

Aksi kepedulian ini mendapatkan respon baik dari masyarakat di sekitaran lokasi kegiatan, “Alhamdulillah beberapa anak kecil yang berada di Alun – Alun juga peduli, jadi setidaknya bisa menjadi contoh,” pungkas Kak Rizal.

Sampah yang telah dikumpulkan dalam karung dan trashbag tersebut kemudian diangkut oleh truk sampah sesuai arahan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang (DLH).

“Semoga Adipura bisa diraih kembali oleh Kabupaten Lumajang,” harap rekan – rekan Tim Pramuka Peduli Kwarcab Lumajang