BELAJAR SURVIVAL, PESERTA RAIMUNA LUMAJANG 2022 IKUTI KEGIATAN SUBCAMP

Lumajang - Para peserta Raimuna Cabang Lumajang 2022 berkesempatan untuk berkegiatan di luar dari camp utama dalam kegiatan Subcamp yang berlokasi di kawasa wisata Siti Sundari, Desa Burno, Kecamatan Senduro. Kegiatan Subcamp dilaksanakan dengan sistem rotasi. Rotasi A pada Hari Sabtu siang (25/06/2022) sampai Minggu pagi, sedangkan rotasi B dilaksanakan pada Hari Minggu siang (26/06/2022) sampai Senin pagi.

Sebelum keberangkatan, peserta diarahkan untuk membentuk dinamika kelompok secara acak dengan sangga lain dengan tujuan menciptakan sosialisasi dan menambah kawan baru antar peserta. Setelah kelompok terbentuk, para peserta diarahkan untuk mengikuti route yang sudah tersedia pada setiap persimpangan jalan. Berbeda dengan konsep camp utama, peserta diminta untuk membangun bivak untuk tempat beristirahat.

Dalam kegiatan Subcamp ini, terdapat beberapa rincian kegiatan pemberian materi Scouting Skill yang meliputi Navigation, Pionering/Shelter (pembuatan hunian), Bushcaft dan First Aid. Dimana materi – materi tersebut berkaitan dengan ilmu Survival yang tentunya akan bermanfaat untuk para peserta. Materi – materi tersebut disampaikan oleh Kak Mirly sebagai narasumber. Tidak hanya itu, para peserta Subcamp juga saling bercengkrama untuk menghidupkan suasana kemah yang meriah.

"Seru banget pastinya. Walaupun capek tapi ketutup sama senengnya dan hal yang paling aku inget, waktu perjalanan pulang sih, lewat jalur yang melalui air terjun. Rasa cape itu terbayar gitu aja, seketika ilang. gotong royong sama temen temen kelompok juga kerasa banget! saling ngelindungi satu sama lain saling ngelengkapi juga. Pokoknya banyak pelajaran yang bisa diambil pas kegiatan subcamp ini," ujar Nabila, salah satu peserta yang mengikuti Subcamp.

Untuk mempraktikkan materi yang sudah didapat, para peserta diminta untuk membuat peta pita dalam perjalanan kembali ke MainCamp. Hal ini menjadi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta Raimuna Cabang Lumajang 2022.