Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka

Setelah sebelumnya diedarkan Surat Keputusan (SK) Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 27 Tahun 2021 tentang Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka, mulai hari ini, Selasa (03/03/2021) telah tersebar pula file logo tersebut.

Logo 60 Tahun Gerakan Pramuka telah dijelaskan pula rincian maknanya melalui SK Kwarnas yang dikeluarkan per tanggal 23 Februari 2021 tersebut, antara lain,

Warna Merah berarti berani dan kesatria, sedangkan putih berarti rela dan tulus dalam berbakti.
Angka 60 melambangkan tahun keenampuluh hadirnya Gerakan Pramuka, dengan angka “6” yang tangkainya bekombinasi daun nyiur yang meenunjukkan kecintaan Pramuka pada tanah air.
Lambang WOSM di tengah angka “0” menunjukkan Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di lndonesia dan satu-satunya yang diakui oleh organisasi kepanduan dunia.
Tertera pula slogan “Berbakti Tanpa Henti,” yang tentunya bermakna bahwa seluruh anggota Gerakan Pramuka selalu siap sedia untuk berbakti sampai kapanpun.

Kwarnas menginstruksikan kepada seluruh jajaran Kwartir, satuan karya, satuan komunitas, dan gugus depan untuk menggunakan Logo 60 (enam puluh) Tahun Gerakan Pramuka di setiap kegiatan yang dilaksanakan tahun 2021.