STUDIO PODCAST PRAMUKA LUMAJANG TURUT BERPARTISIPASI DALAM WEBINAR GERAKAN LITERASI DIGITAL NASIONAL

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Kwarcab Lumajang, Muchamad Taufiq, S.H., M.H., CLMA yang juga merupakan Plt. Ketua PMI Kabupaten Bondowoso mendapat undangan untuk menjadi narasumber dalam webinar Gerakan Literasi Digital Nasional 2021 zona Jawa Timur – Kabupaten Bondowoso pada Rabu (03/06/2021).

            Seminar online atau yang akrab disebut Webinar tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo bersama Siberkreasi dengan skala nasional dan terbagi atas beberapa zona di Kabupaten/ Kota.

            Dalam kesempatan yang diberikan, Kak Taufiq menjelaskan peran literasi digital untuk mengubah mindset konsumtif menjadi lebih produktif. “Manusia adalah subjek, sedangkan teknologi digital merupakan objek. Jika kita tidak mampu mengimbangi keberadaan hal tersebut, maka yang terjadi adalah manusia akan menjadi objek dari keberadaan teknologi digital.” jelas beliau.

            Penyampaian materi tersebut disampaikan Kak Taufiq di Studio Podcast Pramuka Lumajang, secara tidak langsung beliau memberikan pesan non verbal bahwa keberadaan sarana studio milik Kwartir Cabang Lumajang ini merupakan bentuk pemanfaatan ruang kreasi untuk menciptakan produktifitas karya di era digital.

            Selaras dengan tema yang diusung, Kak Taufiq memberikan pesan penutup kepada para peserta webinar. “ Menjadi produktif di tengah masyarakat konsumtif. Berpikir kritis menyikapi informasi dalam media digital. Memanfaatkan ruang kreasi untuk menkonstruksi hal baru. Tiga pilihan dalam menyikapi digitalisasi; mengikuti arus, melawan arus, atau menciptakan arus baru.”

            Mengangkat tagline #MakinCakapDigital melalui webinar ini diharapkan masyarakat Indonesia semakin bijak dalam menyikapi arus digitalisasi sehingga dapat menjadi sarana untuk mengembangkan diri dan membuka lebar ruang kreasi.