KEISTIMEWAAN BULAN SUCI RAMADHAN

Ilustrasi Ramadhan. foto/istockphoto

 

Bulan Ramadhan yang penuh berkah kini telah tiba. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi setiap umat muslim. Umat muslim memperingati bulan istimewa tersebut hanya selama setahun sekali. Bagi setiap umat muslim sangat bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan ini, bulan yang penuh ampunan dan kesempatan terbaik untuk bertaubat dan memperbanyak pahala. Setiap menjalankan kebaikan, kita pasti dihadapkan dengan ujian, maupun ujian jasmani dan rohani. Sama halnya dengan berpuasa, mungkin sampai saat ini, kita masih saja berpikir untuk tidak menjalankan ibadah yang wajib dijalankan oleh umat Muslim, conntohnya berpuasa di bulan Ramadhan yang merupakan rukun Islam ke-3.

Namun, ibadah di bulan Ramadhan ini memiliki banyak keistimewaan di dalamnya. Di bulan ini sangat banyak memiliki kelebihan daripada di bulan-bulan lainnya. Agar kita lebih semangat lagi puasanya. Ada baiknya untuk mengetahui beberapa keistimewaan bulan Ramadhan.

Keistimewaan-keistimewaan Yang Terdapat di Bulan Ramadhan

1. Bulan Diturunkannya Al-Quran

Pada bulan Ramadhan ini, Al-Quran diturunkan. Seperti pada potongan ayat Surah Al-Baqarah ayat 185.

"Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan bagi petunjuk, dan furqan (pembeda).”

Al-Quran turun pada 17 Ramadhan, Oleh karena itu bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia.

2. Terdapat Malam Lailatul Qadar

Keistimewaan bulan Ramadhan yang lain adalah tidak adanya malam yang lebih baik dari malam Lailatul Qadar. Tentunya dengan menjalankan amalan-amalan baik yang wajib dan sunnah. Lailatul Qadar dalam Al-Qur’an digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam yang juga disebut malam seribu bulan ini adalah malam yang mulia. Kamu bisa mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan. Hiasi malam-malam bulan Ramadan-mu (khususnya di 10 hari terakhir) dengan lebih banyak beribadah agar bisa mendapatkan malam seribu bulan ini.

3. Bulan Dikabulkannya Doa

Bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat dan terbaik untuk berdoa, sebab bulan ini merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Waktu yang baik untuk berdo’a di bulan Ramadhan adalah saat sahur, buka puasa, di sepertiga malam yang terakhir, setelah shalat, dan juga ketika melakukan i’tikaf dan masih banyak lagi sebab sepanjang hari orang yang berpuasa ialah hari yang penuh kebaikan. Tentunya harus dengan adab yang baik dan ikhlas saat berdoa.

4. Setiap Amalan baik akan dilipatgandakan Nilainya

Setiap melakukan kebaikan pada bulan Ramadhan yang kita lakukan, maka nilai dan pahalanya akan dilipatgandakan. Ditambah lagi terdapat ibadah dan amalan yang istimewa dan hanya ada di bulan Ramadhan, seperti shalat tarawih dan memberi makan orang yang berbuka puasa.

5. Bulan Terbaik untuk Sedekah

Di bulan Ramadhan kamu bisa merasakan, bahwa tidak semua orang mendapat kemudahan seperti yang kamu miliki. Seperti tidak semua orang punya uang untuk membeli makan untuk berbuka puasa dan sahur, membeli baju baru, bahkan memiliki tempat tinggal yang layak. Oleh karena itu, sedekah yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membantu mereka yang kesusahan untuk bisa lebih jauh mendapat kesenangan dan kenyamanan dalam menjalani ibadah puasa. Tentu kamu juga senang jika melihat mereka bahagia kerena bisa makan makanan lezat seperti kamu, bisa memakai baju baru, dan lain sebagainya.

6. Pintu Kebaikan Dibuka Selebar-lebarnya

“Apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu langit dibuka, sedangkan pintu – pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu.” (Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim)

Dari hadist diatas dapat diambil kesimpulan. Bahwa bulan Ramadhan adalah bulan terbaik di mana kesempatan untuk berbuat amal kebaikan terbuka seluas luasnya dan tidak ada bulan dimana pintu kebaikan dibuka hingga seperti di bulan ramadhan dan memiliki banyak pahala seperti pahala sahur di bulan Ramadhan, pahala zakat di bulan ramadhan, dan berbagai kebaikan lainnya.

7. Bulan Pengampunan Dosa

Di bulan Ramadhan ini, Allah SWT. akan mengampuni hamba-Nya saat dia bersungguh-sungguh bertaubat dan menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan niat dan ikhlas. Serta juga dijelaskan pada hadist riwayat Bukhari dan Muslim, berbunyi

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

8. Bulan yang Penuh Keberkahan

Terdapat banyak sekali keberkahan yang terdapat di bulan Ramadhan, seperti 10 malam pertama yang merupakan periode penuh rahmat Allah, 10 hari kedua yang berisi banyak maghfirah (ampunan), dan 10 hari terakhir sebagai periode pembebas manusia dari api neraka. Jadi setiap harinya bualn Ramadhan dipenuhi keberkahan di dalamnya.

 

Penulis : Dani / Humas

Sumber :

1. Nisa Mutia Sari. (2019). Diakses 9 April 2021, dari https://www.liputan6.com/ramadan/read/3954663/8-keistimewaan-bulan-ramadhan-yang-tidak-dimiliki-bulan-lain-perlu-dikhidmati

2. Rakha Fahreza Widyananda. (2020). Diakses 9 April 2021, dari https://www.merdeka.com/jatim/10-amalan-bulan-ramadhan-yang-dapat-dilakukan-selain-puasa-menambah-pahala-kln.html