MENGUAK FAKTA DIBALIK BENDERA SEMAPHORE

Gambar. Latihan penampil semaphore (Humas Kwarcab Lumajang)

Hallo scout! anak pramuka pasti sudah tidak asing mendengar kata “ Semaphore”. Sebenarnya apa itu sih semaphore? Semaphore merupakan suatu cara yang dilakukan untuk menyampaikan kode-kode gerakan tertentu yang akan dilihat dan diartikan oleh penerima pesan. Agar pesan dapat dilihat dari jarak jauh, maka kode gerakan atau sandi disampaikan denagn alat-alat tertentu. Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai semaphore kita bahas dulu yuk sejarah dari semaphore!

Semaphore pertama kali ditemukan oleh Claude Chappe. Claude Chappe adalah salah satu tokoh dunia yang sangat berjasa dalam pembuatan telegraph dengan sandi semaphore. Claude Chappe lahir di Kota Brulon Prancis pada tanggal 25 Desember 1763. Beliau dikenal sebagai seorang insinyur yang menemukan teknologi Semaphore dan telegraph kuno. Kata semaphore diperkenalkan oleh Claude Chappe pada tahun 1801. Semaphore berasa; dari bahasa Yunani, Sema yang berati tanda dan Phore yang berati pembawa. Sejarah awalnya dimulai ketika Claude Chappe mengajukan proposal tentang pembuatan sistem pengiriman pesn yang lebih cepat dan praktis. Ide ini kemudian di dukung oleh saudaranya Ignace chappe yang merupakan Majelis Legislatif selama Revolusi Prancis. Setelah mendapat dukungan Majelis Legislatif, Chappe mulai membangun dua menara yang menghubungkan kota Paris dan Lille. Setiap menara dilengkapi dengan sepasang teleskop dan dua lengan semaphore yang bisa diputar. Setelah menara Semaphore terbangun komunikasi menjadi lebih cepat dan praktis.Keberhasilan menara semaphore  mendorong negara-negara di Eropa membangun menara semaphore. Bahkan, pada tahun-tahun berikutnya, teknologi menara semaphore tidak hanya untuk komunikasi militer,tetapi untuk perdagangan.

Sistem komunikasi semaphore digunakan oleh pemerintah Perancis sebagai sistem komunikasi jarak jauh. Pesan pertama yang dikirim pada 2 Maret 1791 dari jarak 16 km, pesan itu terbaca “ Si vous reussussez, vous serez bientot couvert de glorie ( jika kamu berhasil, kamu akan segera bergelimang dalam kejayaan).” Pesan pertama disampaikan  menggunakan bendera hitam putih, diamati dengan bantuan teleskop serta memiliki buku sandi. Sistem semaphore awalnya bersifat militer sehingga todak semua orang mengerti kode-kode. Selama tahun-tahun selanjutnya Claude Chappe membangun 556 stasiun jaringan sandi di seluruh penjuru Perancis. Sistem menara Semaphore Claude Chappe bisa menyampaikan pesan hingga sekitar 240 km dalam dua menit dengan menggunakan serangkaian menara.

Kebangkitan sistem telegraf kabel menjadi akhir perkembangan sistem semaphore dalam komunikasi negara dan militer. Sistem semaphore memiliki kelemahan tidak bisa digunakan pada malam hari dan sering terpengaruh perubahan cuaca, sedangkan sistem telegraf tidak terpengaruh oleh 2 faktor tersebut. Semaphore dihentikan operasinya pada tahun 1880.

Adapun alat-alat untuk menyampaikan pesan Semaphore bisa bermacam ragam bentuknya, seperti tongkat,cahaya,tangan telanjang atau sarung tangan. Walau begitu, di dalam kegiatan kepramukaan pesan semaphore umumnya disampaikan dengan bantuan bendera semaphore.

.Jadi sobat pramuka itulah sejarah mengenai semaphore, semoga bermanfaat. SALAM PRAMUKA!!!!

 

Penulis : Humas / Gishela

Sumber :

Mulyatno. A.K.(2014). ENSIKLOPEDIA PRAJA MUDA KARANA (Jilid. 2). Surakarta: PT. Borobudur Inspira Nusantara