SEJARAH MORSE DAN APLIKASINYA DI DUNIA KEPRAMUKAAN

Gambar 1. Telegraf Pertama Samuel Morse ((www.btcl.gov.bd))

 

Sandi Morse merupakan kode pesan pertama yang bisa dikirimkan melalui kabel dengan bantuan arus listrik. Sandi Morse dulu pernah menjadi alat telekomunikasi paling banyak digunakan, sebelumnya akhirnya digantikan oleh sistem telekomunikasi lain yang lebih cepat, yaitu telepon. Sandi Morse sendiri ditemukan oleh Samuel Finley Breese Morse dan Alfred Vail pada tahun 1835. Pada tahun 1838 Samuel menemukan sebuah sistem alphabet yang khusus digunakan dalam Telegraf, Sistem ini kemudian diberi nama “Morse” sesuai nama belakangnya. Alfred Vail adalah seorang penemu dan ahli mesin, Dialah yang bertanggungjawab atas beberapa penemuan teknis sistem Morse, terutama tombol pengirim pesan dan pengembangan relai-relai magnet serta daftar pencatat.

Di tahun 1836, Samuel Morse dan Alfred Vail memperagakan percobaan sistem telegraf melalui kabel. Pesan yang disampaikan melalui sistem itu berupa serangkaian sinyal listrik. Sinyak pendet disebut dot atau titik, sedangkan sinyal panjang disebut dash atau garis. Sinyal inilah yang dikenal dengan Kode Morse. Sandi Morse tidak hanya menggunakan kabel saja, melainkan juga menggunakan gelombang radio, sinar, dan lain sebagainya.

Tahun 1844, Samuel Morse dan Alfred Vail memperlihatkan sistemnya di hadapan Kongres Amerika dengan pesan pertama yanfg sangat terkenal. Pesan tersebut berbunyi “What hath God wrought (Apa yang telah ditempa Tuhan)”, yang dikirimkan dari Washington ke Baltimore. Sandi Morse ini kemudian digunakan sebagai penyandi dalam industri telegraf.

Telegraf merupakan alat pertama yang mengirimkan pesan melalui sinyal-sinyal listrik. Pesan-pesan telegraf disebut telegram. Dikirim dengan mengetukkan pesan-pesan Sandi Morse. Namun setelah ditemukannya teknologi telepon pada tahun 1877, telegram mulai memudar. Tetapi sandi Morse tetap bermanfaat hingga saat ini.

Dalam Pramuka Sandi Morse dikombinasikan antara dot atau titik dengan dash atau garis. Berikut tabel yang menunjukkan Sandi Morse dalam huruf maupun angka :

Di dalam kegiatan Pramuka, Sandi Morse biasanya disampaikan dengan menggunakan media peluit atau senter, walaupun sebenarnya Sandi Morse bisa dilakukan dengan gerak, misalnya bendera, asap, lambaian tangan, dan lain sebagainya.

 

Referensi
Mulyatno, A.K. (2014). ENSIKLOPEDIA PRAJA MUDA KARANA (Jilid. 2). Surakarta: PT. Borobudur Inspira Nusantara.