Abdi Masyarakat, Tim Pramuka Peduli Turut Menjadi Relawan Bencana Gunung Semeru

Terhitung sejak pertama kali terjadi guguran awan panas Semeru, Selasa (1/12) Tim Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lumajang turut mengirim anggota untuk membantu relawan di posko penanganan bencana Gunung Semeru. Bertempat di posko Kamar Kajang sejumlah anggota tim secara bergantian menyumbang tenaga personil.

Ditengah kesibukan dalam pembelajaran dan perkuliahan dengan sistem daring (online) serta angka pertambahan COVID-19 yang terus bertambah tidak menyurutkan semangat para anggota Tim Pramuka Peduli untuk membantu kemanusiaan di wilayah terdampak bencana Semeru. 

"Ini merupakan salah satu bagian dari tugas Pramuka, mengabdi pada masyarakat dan peduli terhadap kemanusiaan. Tetap semangat untuk beraktivitas, tetap menjaga kesehatan dan keselamatan satu sama lain." pesan Kak Indah selaku Wakil Bupati Lumajang sekaligus Ketua Kwarcab Pramuka Lumajang kepada sejumlah personil dalam kunjungannya pada Minggu (06/12) pagi.

Kak Thoriqul Haq, Bupati sekaligus Kamabicab Lumajang juga berharap agar anggota Pramuka banyak terlibat dalam penanganan kebencanaan ini.

Dalam aktivitasnya personil Tim Pramuka Peduli dilibatkan dalam sejumlah tugas relawan setiap harinya. Mulai dari membantu di Dapur Umum, pengemasan serta distribusi logistik, hingga tergabung dalam tim siaga bencana. "Kami juga sempat meninjau pos pengamatan gunung Semeru (PVMBG Gunung Sawur) Jum'at (4/12)" terang Kak Rizal Ketua Tim Pramuka Peduli Kwarcab Lumajang.

Bunda Indah mengharapkan supaya masyarakat tetap tenang dan jangan panik karena masyarakat sudah beberapa kali melakukan simulasi kebencanaan, titik kumpul dan managemen kebencanaan jugatelah ditetapkan, jika sewaktu - waktu terjadi bencana maka masyarakat mengikuti protokol kebencanaan yang ada. 

Tidak hanya Tim Pramuka Peduli, sejumlah anggota Gerakan Pramuka di Kabupaten Lumajang juga turut membantu dalam penanggulangan bencana ini. Beberapa diantaranya yakni anggota Dewan Kerja Ranting (DKR) Satuan Karya Pramuka (SAKA) hingga dari beberapa Gugusdepan. Bersama dengan organisasi kepemudaan lain Pramuka turut berbakti dalam abdi masyarakat dan kegiatan kemanusiaan. (Humas Kwarcab/Jv)