Orientasi Dewan Kerja Ranting PAW Masa Bakti 2019-2021

     Sabtu, 03 oktober 2020 tepatnya di MTs. Unggulan Ma’arif NU Nurul Islam Bades, Dewan Kerja Ranting Kwarran Pasirian telah mengadakan kegiatan Orientasi Dewan Kerja atau Pelatihan Dasar Yang diikuti oleh 8 putra dan 15 putri dari anggota Dewan Kerja Ranting Pasirian. serta kegiatan ini menindak lanjuti kegiatan sebelumnya yaitu Seleksi Dewan Kerja Antar Waktu atau disingkat PAW. Acara ini diselenggarakan selama 2 hari, Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Kwarran pasirian, yaitu Kak Eko Widianto. Dalam pidatonya ia mengatakan: “Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk karakter setiap anggota Dewan Kerja yang disiplin, bertanggung jawab serta jujur dan untuk memperkenalkan tugas pokok dan fungsinya sebagai anggota dewan kerja kepada anggota lama dan anggota baru, setelah itu peserta orientasi dewan kerja ini langsung diberikan materi tentang petunjuk penyelenggaraan dewan kerja (PPDK)

Pada hari pertama kegiatan yang dilaksanakan yaitu :

  • Check in
  • Upacara Pembukaan
  • Materi 1, 2 dan 3
  • Dinamika kelompok

Pada pemberian materi pertama disampaikan oleh Kak Soetrino selaku pelatih pusdiklatcab Lumajang dan juga selalu kakak senior kwarran pasirian. materi yang disampaikan yaitu tentang Fungsi dan Tugas Pokok Dewan Kerja. Tujuan dari materi tersebut adalah:

  • Pembentukkan karakter setiap anggota Dewan Kerja.
  • Memiliki kecakapan hidup,
  • Cinta tanah air dan bangsa

Materi yang diberikan oleh beliau sangat bermanfaat bagi kami untuk mengetahui tugas pokok dan fungsi sebagai anggota dewan kerja itu sendiri.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan kontrak kerja yang bertujuan sebagai peraturan pertauran dalam pelaksanaan kegiatan tersebut,yang langsung dibuat dan disetujui oleh Peserta dewan kerja itu sendiri.

setelah pembuatan kontrak kerja, Pada pukul 19.00 WIB pemberian materi yang kedua yang disampaikan oleh Kakak Basuki adi selaku pelatih pusdiklatcab Lumajang dan juga selalu kakak senior kwarran pasirian. Materi yang disampaikan yakni tentang Kepemimpinan (Leader ship). apa sih pemimpin itu ? “Pemimpin adalah seseorang yang mampu mendorong banyak orang untuk mencapai tujan yang sama “ Ujar Kak Basuki. Selain itu beliau juga mengatakan “Organisasi merupakan sekumpulan orang banyak yang mempunyai tujuan yang sama serta memiliki struktur kepengurusan”. dan kami pun sangat menikmati dengan apa yang disampaikan oleh kak Basuki Adi.

setelah materi tersebut berakhir peserta diberikan materi yang ke-3 tentang kepenegaan dan kegiatan kegiatan yang ada di dewan kerja yang disampaikan langsung oleh kak Eko Widianto selaku sekretaris ranting Pasirian. beliau menyampaikan materi ini sangat menarik sehingga kami pun sangat menikmati, sehingga kami menghiraukan mata ini yang butuh dipejamkan dan badan yang butuh istirahat. kegiatan ODK ini masih belum usai disini saja karena setelah berakhirnya materi tersebut kami juga mendapat penugasan dari kak canggih. sebulum penugasan kami mengikuti pembagian dinamika kelompok terlebih dahulu dengan cara melalui clue yang diberikan oleh kak bella. dari masing masing kelompok ini mendapat kan tugas berbeda yang sesuai dengan bidang bidang yang ada dalam dewan kerja. dan kami pun semua mendapatkan tugas tersebut yang setalah itu langsung di presentasikan kepada masing masing kelompok dan para kakak andalan ranting. penugasan ini bertujuan untuk “mengetahui tugas masing masing bidang dan juga cara menghargai orang lain yang sedang berbicara “ucap kak canggih.” Kemudian dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan yang dimana untuk mencari dimana peserta itu di taruh dalam struktur dewan kerja.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan besok paginya yang diawali dengan kegiatan solat subuh berjamaah tetapi kakak kakak banyak yang masih tetap tertidur pulas mungkin karena kecapaian tadi malam yang full dengan kegiatan sehingga kakak kakak tidurnya pulas dan susah dibangunkan untuk solat subuh. setelah solat subuh selasai kami melanjutkan kegiatan yaitu senam pagi yang dipimpin oleh salah satu peserta yaitu kak Febby yang semangat untuk memimpin senam tetapi kegiatan senam kami sedikit terhalang oleh hujan yang sedang tidak bersahabat dengan kami, tetapi kami mengikuti senam pagi dengan cukup semangat meskipun mata Masih butuh dipejamkan dan badan yang butuh direbahkan, setelah senam pagi kami langsung membersihkan halaman MTs. Unggulan Ma’arif NU Nurul Islam Bades karena ucap kak Sobirin selaku ketua dewan kerja ranting Pasirian “jangan sampai kita mengotori tempat yang kita tumpangi ini”. setelah halaman yang kita tumpangi ini sudah pantas untuk dilihat kami pun langsung bergegas untuk mengisi perut kami yang sudah didemo oleh cacing cacing yang ada dalam perut untuk meminta makan. setelah perut dirasa sudah cukup kenyang dan suara cacing yang berhenti kekenyangan kami langsung membersihkan diri kami sebelum mengikuti materi berikut nya. yaitu materi yang tentang musppanitra dan sidparran yang disampaikan oleh kak canggih Sudrajat jiwandono. diselah selah materi yang diberikan kami pun juga ajak bermain. game yang cukup menarik dan yang membutuhkan konsentrasi tinggi, sehingga kami tidak bosan dengan materi yang diberikan.

Kegiatan yang terakhir yaitu upacara penutupan yang dipimpin oleh Kak Yuliana. Upacar penutupan ini dihadiri oleh sekuruh peserta Orientasi Dewan Kerja, Pembina pramuka serta Dewan kerja Kwarran Pasirian.

Pramuka Pasirian semakin MEMEKATEN sesuai jargon Pramuka Pasirian.

TERIMA KASIH.