BUPER GELAGAHARUM AKAN GUNAKAN JEMBATAN GANTUNG ROWOBAUNG

Jembatan Gantung Rowobaung yang terletak di Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo jadi pilihan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati untuk melengkapi fasilitas di lokasi Bumi Perkemahan Glagaharum, Senduro.

Jembatan gantung itu berdiri diatas jalur lahar Gunung Semeru dan sudah lama tidak digunakan oleh masyarakat sekitar. Rencananya, jembatan tersebut akan dipindahkan untuk dijadikan jembatan penghubung lokasi perkemahan dengan lokasi glamour camping di Bumi Perkemahan Glagaharum.

"Kita punya lahan untuk perkemahan dan ada satu lokasi yang itu dipisahkan oleh jurang, nanti untuk menuju lokasi itu akan menggunakan jembatan ini," jelas Wabup yang akrab disapa Bunda Indah saat meninjau kondisi Jembatan Gantung Rowobaung, di Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kamis (18/6/2020).

Wabup juga mengatakan dirinya telah meminta ijin dan kerelaan Kepala Desa serta warga sekitar untuk memindahkan jembatan gantung tersebut ke Bumi Perkemahan Gelagaharum. Jembatan yang sudah tidak dalam kondisi baik tersebut, secapatnya akan dipindahkan untuk dilakukan perbaikan.

Terkait perbaikan, Wabup menjelaskan ada beberapa bagian jembatan yang kropos, namun sekitar 70% bagian jembatan gantung tersebut masih dalam kondisi bagus dan bisa untuk dimanfaatkan.

"Ya sekitar 30-40% an yang perlu perbaikan, nanti dinas pariwisata yang akan menghitung dengan bantuan konsultan teknis dari Dinas PU, untuk menghitung biaya perbaikan dan memperindah jembatan ini," jelasnya.

Lastri salah seorang warga sekitar, Jembatan Gantung Rowobaung memang sudah tidak digunakan sejak adanya jembatan baru. Kondisi jembatan menurut Lastri juga sudah tidak bisa dilalui baik dengan kendaraan maupun jalan kaki.

"Ini sudah lama tidak dipakai, ya karena sudah dibangun itu jembatan baru yang ada di bawah, itu lebih bagus juga," ujarnya. (Kominfo-Lmj/Fd)