PRAMUKA PEDULI IKUT HIJAUKAN RANUPANI, TANAM 9.600 BIBIT POHON

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq Selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (KAMABICAB) bersama para relawan berbagai daerah melaksanakan kegiatan Tandur Bareng di kawasan Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Kegiatan tandur bareng merupakan kegiatan yang bertujuan untuk Menghijaukan Kembali wilayah - wilayah yang terkena dampak dari kebakaran di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru pada September Tahun 2019.

Pada kegiatan tersebut, Bupati Lumajang bersama Ibu Bupati beserta jajaran pemerintah daerah kabupaten Lumajang mengucapkan terimakasih kepada semua relawan yang sudah mengikuti dan malaksanakan penanaman bibit pohon di kawasan Ranupani. "Kita bekerja bersama-sama dan mempunyai niat untuk melakukan perubahan atau merevitalisasi terhadap Ranupani, sehingga harapan kita bersama Ranupani kembali lestari, menjadi hutan kembali dan untuk kehidupan kita bersama," jelasnya.

Selain menanam bibit pohon, Bupati juga melepaskan beberapa burung endemik Ranupani, hal itu merupakan sebagai bentuk kepedulian dari teman-teman pelestari burung Indonesia yang ada di Kabupaten Lumajang. "Dengan dilepaskannya burung-burung ini, semoga cepat berkembang dan menjadi keindahan alam lestarinya Ranupani dan gunung Semeru," ujar bupati.

Kegiatan ini di laksanakan selama dua hari, dengan jumlah peserta kurang lebih 1.300 peserta yang terdaftar secara online.
Sedangkan Jumlah bibit yang ditanam pada kegiatan tersebut ada 9.600 bibit yang di bagi menjadi 4 titik penanaman yaitu Bantengan, Watu Rejeng, Kipresan, dan Sumber Amprong.

Dan sebagai bentuk tanggung jawab, Maka Pramuka Peduli Kwarcab Lumajang mengirimkan 7 orang anggotanya untuk berpartisipasi sebagai bentuk kewajiban bersama demi mewujudkan kembali suasana asri dan hijau di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.