SATU HARI SATU BHAKTI

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang  (Kwarcab ) Lumajang gelar pertemuan dengan Ketua Kwartir Ranting (Kakwarran), Sekretaris Ranting (Sesran), dan Pimpinan Saka (Pimsaka). Pertemuan ini berlangsung pada sabtu pagi, (15/12/2019) di Sanggar Bhakti Kwarcab Lumajang.

         Satu Hari Satu Bhakti merupakan ajang sosialisasi program peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Pemerintah Kabupaten Lumajang dan program optimalisasi website Kwarcab Lumajang.

         Dalam sambutannya saat menjadi Pembina Apel Hari Pramuka ke – 58 Kak Indah Amperawati selaku Kakwarcab Lumajang menyampaikan bahwa anggota pramuka harus ikut berperan dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) khususnya di Kabupaten Lumajang. Yakni dengan melakukan pendataan angka usia sekolah di lingkungan sekitarnya.

          Sebagai bentuk tindak lanjut dari amanah tersebut Kwarcab menyampaikan mekanisme pendataan sebagai berikut.

         1. Peserta melakukan pendataan secara manual dengan form yang sudah disediakan oleh Kwarcab;

         2. Peserta didik putus sekolah yang di data adlaah tetangga sekitar rumah tinggal;

         3. Pembina menginputkan data secara online melalui link yang tercantum di website Kwarcab.

         Disamping itu Kwarcab juga mengumumkan bahwa seluruh Kwarran dan Saka sudah dapat berkontribusi langsung sebagai penulis konten pada website Kwarcab Lumajang.

         “ Harapannya semua aktifitas di ranting ini ter-record, begitu nanti sudah masuk akan di verifikasi oleh tim kami dan selanjutnya itu akan menjadi bagian dari website kita dan akhirnya dikenal oleh dunia karena media sosial tidak mengenal batas sekat dan batas waktu.” sambut Kak Taufiq, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum (Waka Orkum) Kwarcab Lumajang.

         Disela pertemuan, Kak Taufiq juga menyampaikan kepada Kwartir Ranting yang mengalami perpindahan unsur Kakwaran karena tugas untuk dapat menyelenggarakan mekanisme tentang penetapan unsur pimpinan yang baru.

         Sebagai bentuk apresiasi atas kontribusinya sebagai penulis konten website, Kwarcab beri penghargaan kepada 3 volunteer contributor website Kwarcab Lumajang. Diantaranya Muhammad Maftuh Sururi (Kwarran Pasirian), Wahyu Nanda Putri (Kwarran Senduro), Java Chandra Darmawan (Kwarran Lumajang.)

         Selanjutnya penghargaan ini akan menjadi ajang kompetisi antar kwarran dan antar saka. Kwarran dan Saka terbanyak mempublikasikan kegiatannya akan mendapat penghargaan setiap tahun.