Rapat Koordinasi Sekretaris Kwarcab se Jatim Digel

Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur menyelenggarakan Rapat Koordinasi Sekretaris se-Jawa Timur di Hotel Puncak Ayanna, Trawas, Kabupaten Mojokerto. Kegiatan selama dua hari itu, 3-4 Desember 2019, dibuka oleh Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak AR Purmadi.

Rapat koordinasi ini didasari pentingnya peran dan fungsi sekretaris kwartir cabang sebagai penggerak utama Gerakan Pramuka di kwartir. “Dengan rapat koordinasi ini diharapkan mampu mengoptimalkan fungsi dan peran sekretaris, memberikan solusi bagi permasalahan di kwartir, dan sebagai forum komunikasi kwarda dan kwarcab,” kata Kak Bambang Suyanto, sekretaris Kwarda Jatim.

Dalam sambutannya, Kak AR Purmadi mengingatkan kepada seluruh peserta bahwa sekretaris adalah solusi. “Sekretaris adalah solusi, yang harus dominan dengan pelayanannya. Pelaksana kebijakan Gerakan Pramuka yang berada di satuan administrasi pangkalan (SATMINKAL) Gerakan Pramuka adalah kwartir cabang dipegang oleh sekretaris,” pesan Waka Kwarda Jatim Kak AR Purmadi.

Kegiatan ini diikuti oleh 62 orang dari unsur sekretaris, wakil sekretaris, dan bendahara kwarcab se Jawa Timur. Beragam tema pembahasan disampaikan pada rapat koordinasi ini. Yaitu peran strategis sekretaris kwarcab, tugas pokok serta fungsi sekretaris kwarcab, dan pentingnya data base pramuka.