KA.KWARCAB PRAMUKA LUMAJANG KUKUHKAN MABISAKA DAN

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati yang juga selaku Ketua Kwartir Cabang Pramuka Lumajang mengukuhkan Majelis Pembimbing Saka Kencana (Mabisaka) dan Pimpinan Saka Kencana (Pimsaka) tingkat cabang Lumajang masa bhakti 2019 - 2024, serta Pamong dan Instruktur Saka Kencana masa bakti 2019 - 2022 di Balai Desa Banjawaru, Kecamatan Lumajang, Selasa (05/11/2019).

Ka.Kwarcab berharap para kader yang sudah dikukuhkan terus bersemangat dalam membimbing serta membekali dengan pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam bidang Kependudukan dan Keluarga Berencana kepada para anggotanya, sebab hal itu merupakan bagian penting dari pembangunan nasional.

Ka. Kwarcab Lumajang menjelaskan Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana (Saka Kencana) merupakan Pramuka yang bergerak dalam bidang Keluarga Berencana, yang meliputi 4 Krida, yakni Krida kependudukan, Krida kesehatan reproduksi, Krida ketahanan dan kesejahteraan keluarga, serta Krida generasi berencana. Tujuan dibentuknya Saka Kencana, untuk membentuk tenaga kader pembangunan berkependudukan dan keluarga berencana sebagai salah satu tonggak hidupnya Pramuka di Kabupaten Lumajang.

Dalam kesempatan itu, Bunda Indah menegaskan bahwa Pramuka itu mempunyai peran penting dalam pembangunan Nasional. "Bahwa Pramuka adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap melaksanakan apa saja untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegasnya.

Lebih lanjut, Bunda Indah menjelaskan bahwa mengikuti dan menjadi anggota gerakan Pramuka banyak sekali manfaatnya, sebab semua hal yang diajarkan dalam Pramuka banyak pengalaman yang berguna serta menjadi hal penting dalam kehidupan.

"Karena di Pramuka ini kita diberikan ilmu pengetahuan praktis, bagaimana berkomunikasi langsung dengan masyarakat, kita diajarai bagaimana menjadi manusia yang mandiri, serta ilmu kepemimpinan," jelasnya.(Kominfo-lmj)