Beri semangat kepada kontingen, Kakwarcab hadir di

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menyambangi para Kontingen Lumajang yang sedang berlaga dalam Jambore Daerah (JAMDA) Jawa Timur 2019, di Bumi Perkemahan Hutan Pinus Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Selasa (15/10/2019).

Kehadiran Wabup ditengah para kontingen untuk memberikan semangat sekaligus melihat secara langsung kondisi para anggota Pramuka Lumajang yang sedang berada di Bumi Banyuwangi.

Bunda Indah yang juga Ketua Kwarcab Lumajang mengatakan, sampai hari ini banyak prestasi yang sudah diraih dalam kegiatan Jambore Daerah 2019. "Banyak prestasi yang diraih oleh Kabupaten Lumajang dan ini sangat membanggakan,"ujarnya.

Dijelaskan Bunda Indah, Kabupaten Lumajang mengirimkan 32 anggota Pramuka, yang terdiri dari 28 anggota biasa, dan 4 anggota berkebutuhan khusus. Menurut Bunda Indah, kegiatan Jambore Daerah ini mengajarkan para anggota gerakan pramuka untuk tidak membeda-bedakan, untuk memberikan kesempatan dan perlakuan yang sama kepada anggota biasa maupun yang berkebutuhan khusus.

"Adik-adik pramuka yang berkebutuhan khusus itu sama, tidak ada yang dibedakan, melakukan kegiatan yang sama, secara fisik meskipun ada perbedaan namun secara gotong royong bisa bersatu padu, dengan saling menghargai dan menghormati," jelasnya.

Salah satu pembina pendamping, Niken Nuruwati mengatakan sampai hari keempat pelaksanaan JAMDA 2019, kontingen Lumajang masih semangat mengikuti semua kegiatan yang ada. "Alhamdulillah, semua kegiatan diikuti, bahkan ada beberapa yang mendapatkan reward, ada yang berani tampil rapling," ujarnya.

Niken juga mengungkapkan bahwa salah satu Pramuka Berkebutuhan Khusus (PBK) atas nama Muafah juga mendapatkan reward berupa rompi dan topi karena mampu mengikuti kegiatan secara baik.

Dijelaskan Niken, dalam kegiatan kuliner Kontingen Lumajang juga mengangkat Sego Kelor dan Sego Pohong sebagai menu andalan. Tidak hanya itu, di sekitaran tenda juga disajikan produk unggulan khas Lumajang seperti halnya Pisang Mas Kirana dan Salak Pronojiwo.

Selain membawa misi peduli lingkungan dalam pengurangan sampah plastik, Kontingen Lumajang juga membawa misi untuk turut mempromosikan potensi Kabupaten Lumajang. "Kulinernya kita kenalkan, wisata B29 juga kita kenalkan, kalau ada peserta yang mampir kita berikan souvenir, ambil pisang atau salak," pungkas Niken.