SEKJEN KWARNAS HADIRI PEMBUKAAN JAMBORE DAERAH JA

Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional (Sekjen Kwarnas) Mayjen TNI (Purn) Bachtiar hadiri Upacara Pembukaan Jambore Daerah Jawa Timur 2019 (Jamda Jatim 2019) yang digelar di Bumi Perkemahan Pinus Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (13/10/2019)

         Upacara pembukaan Jamda Jatim 2019 juga dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Kak Kusnadi dan berbagai pejabat bupati serta walikota se Jawa Timur. Jambore kali ini dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Jawa Timur Kak Supratomo.

         Hadir dalam upacara tersebut Kak Hariadi Purwantoro selaku Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda (Waka Binamuda) sekaligus Ketua Panitia Jamda Jatim 2019 beserta jajaran pimpinan Kwartir Daerah Jawa Timur (Kwarda Jatim)

         Tampak hadir juga para Pimpinan SAKA dan pimpinan Kwartir Cabang (Kwarcab) se Jawa Timur serta tamu undangan lainnya. Sedangkan peserta upacara yaitu para peserta Jamda Jatim 2019 yang merupakan anggota pramuka penggalang Jawa Timur.

         Dalam sambutannya Kak Hariadi menyatakan bahwa Jamda Jatim diikuti 38 Kwarcab se Jawa Timur dengan jumlah total peserta sekitar 1.520 orang.

         Pada Jambore kali ini Kwarda memberi kesempatan bagi anggota Pramuka Berkebutuhan Khusus (PBK) untuk ikut berpartisipasi sebagai peserta dan menjadi bagian dalam kemeriahan pertemuan pramuka penggalang se Jawa Timur tersebut.

         “ Dengan slogan MANIS, (Millenial, Atraktif, Nasionalis, Inovatif, Sukses) Jambore ini diharapkan akan mengantarkan adik – adik kita menjadi generasi emas.” ujar Kak Hariadi dalam sambutannya.

         Kwarda mengemas Jambore dalam 6 model kegiatan diantaranya Giat Tantangan, Giat Scouting Skill, Giat Wirausaha, Giat Teknologi & Life Skill, Giat Penanggulangan Bencana, Giat Seni Budaya, dan Giat Wawasan Kebangsaan.

         Dalam sambutannya Kadispora Jatim mengamanatkan, “Percayalah bawa kegiatan ini adalah modal bagi adik – adik untuk masa depan yang gemilang, ini bagian proses dari adik – adik semuanya. Perbanyak pengalamanmu, perkuat daya jelajahmu, perbanyak sahabatmu, itu modal dasar dari masa depanmu.

Sekjen Kwarnas, Kak Bachtiar juga berpesan kepada kakak  - kakak pembina pramuka untuk dapat terus membina dan mengembangkan potensi adik – adik serta terus menerus mengenalkan perbedaan – perbedaan sebagai bagian dari kekayaan bangsa pada anggota binaannya.

Jamda Jatim kali ini juga memprogramkan diet sampah plastik dengan cara meminimalisir penggunaan botol plastik sekali pakai kemudian menggantinya dengan botol tumblr. Kwarda dalam hal ini juga menyediakan air dalam bentuk galon yang disebar di beberapa titik untuk para peserta Jambore