LEPAS 62 PENGGALANG KE PERGAMANAS 2019, Plt. Asist

Kontingen Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Ma’arif Kabupaten Lumajang mengikuti ajang Perkemahan Penggalang Ma’arif NU Nasional II (Pergamanas II), di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur. Pemberangkatan 4 regu putri dan 2 regu putra tersebut dilepas oleh Plt. Asisten Administrasi Sekda Kab. Lumajang, Hanifah Diah Ekasiwi, di Pendopo Arya Wiraraja, Senin (18/02/2019).

Pergamanas II Tahun 2019 bertema "Pramuka Aswaja Menuju Generasi Emas 2030" memiliki tujuan yakni membentuk watak, meningkatkan sikap kemandirian dan keterampilan, menumbuhkan nasionalisme, serta mempererat jiwa persahabatan dan persaudaraan.

Dalam sambutanya, Plt. Asisten Administrasi mengatakan, kepramukaan diselenggarakan dalam berbagai bentuk kegiatan yang mengandung pendidikan, yang dititikberatkan pada pembinaan dan perkembangan jiwa.

Lebih lanjut, Plt. Asisten Administrasi menyampaikan bahwa pramuka merupakan pendidikan di luar sekolah dan keluarga dikemas dalam kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis di alam terbuka. Sasaran pramuka adalah pembentukan watak/karakter.

Plt. Asisten Administrasi juga mengapresiasi peran Lembaga Pendidikan Ma’arif karena secara tidak langsung ikut andil dan berperan aktif mendidik anak-anak. "Saya berharap kontingen yang mewakili daerah harus menjaga sikap tetap sopan dan terus semangat berusaha meraih kejuaraan yang dilombakan dan menjadi pelopor bagi teman-teman lainnya," harapnya.

Selain itu, Ketua Pengurus Harian Kwarcab Lumajang Asep Bambang WS. menyampaikan bahwa kegiatan pramuka adalah pembentukan karakter kerjasama yang baik dan belajar mandiri. Maka dari itu, pembinaan secara rutin harus diciptakan karena kerjasama bukan tercipta dengan sendirinya. Ia menambahkan, agar orang tua jangan terlalu meragukan kemampuan adik-adik pramuka.

Senada dengan Plt. Asisten Administrasi, Asep juga turut memberikan semangat kepada kontingen Sako Lumajang. Ia juga berpesan agar tidak menyerah dan tetap melakukan semaksimal mungkin untuk Kabupaten Lumajang.Sementara itu, Ketua Lembaga Pendidikan Ma'arif Kabupaten Lumajang, Muhammad Yamin menyampaikan bahwa Pergamanas itu merupakan agenda rutin yang dilaksanakan 4 tahun sekali. Segala upaya dan koordinasi telah dilakukan demi membawa nama baik Lumajang di Pergamanas II. Kontingen Sako yang dikirim adalah anak-anak pilihan, punya potensi, dan berprestasi sehingga membawa manfaat baik bagi Lumajang nantinya.