Monitoring dan evaluasi Pangkalan Saka Bakti Husa

Pasirian, Sabtu 16 Feb 2019
Pimsaka Bakti Husada Cab. Lumajang menyelenggarakan kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap Pangkalan Saka Bakti Husada. Kegiatan ini dikemas dengan metode anjang sana, dimana Pangkalan dr. Wahidin Sudirohusodo Pasirian selaku tuan rumah. Penentuan tuan rumah didasari atas prestasi Pangkalan dr. Wahidin Sudirohusodo sebagai Terbaik Harapan 1 pada Seleksi Implementasi Krida PHBS Tingkat Daerah Tahun 2017.

100 orang Dewan Saka dan 25 org Instruktur Saka se Kabupaten Lumajang menghadiri acara tersebut. Acara diawali dengan Upacara Penegak Pandega, dengan Ketua Mabisaka Bakti Husada selaku Pembina Upacara. Kegiatan dilanjutkan dengan Selayang Pandang SBH Pangkalan dr. Wahidin Sudirohusodo yang disampaikan oleh Dewan Sakanya.

Sesi tanya jawab semakin memuncak saat monev berlangsung. Sistem monev yang diambil adalah monev silang dimana Dewan Saka pangkalan satu memonev pangkalan lainnya. Pada bulan ini dipilih 8 Pangkalan untuk dimonev, yakni pangkalan jatiroto, labruk kidul, pasrujambe, klakah, tempursari, pasirian, rogotrunan dan randuagung. pangkalan lainnya akan dimonev pada putaran selanjutnya. pangkalan yg tdk dimonev wajib menggali info2 yang dibutuhkn dari pangkalan yang terpilih untuk dimonev.

Unsur Dewan Kerja Cabang Lumajang (DKC) dan Pimsaka mendampingi pada pelaksanaan monev berlangsung. untuk memecah ketegangan DKC memberikan ice breaking pada semua peserta. Harapan dari kegiatan ini adalah mengoptimalkan peran Dewan Saka sebagai motor dipangkalan. Data menunjukkan dari 25 pangkalan SBH 1 pangkalan Mandiri, 4 Purnama, 12 Madya, dan 8 Pratama. hal ini berarti tugas selanjutnya adalah menjaga sustainbility SBH sebagai UKBM dan meningkatkan strata melalui evaluasi telaah kemandirian.